TatarMedia.ID - Libur Lebaran usai, kini saatnya kembali menginjakkan kaki di kantor dan menghadapi rutinitas pekerjaan yang sempat tertunda, selama berlibur.
Namun, transisi dari suasana santai libur lebaran menuju ritme kerja yang padat seringkali terasa menantang.
Tumpukan email, deadline yang menanti, dan berbagai tugas yang menanti sentuhan bisa membuat kita merasa kewalahan.
Baca Juga: Intip Harta Peninggalan Murdaya Poo yang Telah Berpulang Gegara Penyakit Kanker
Jangan khawatir, Anda tidak sendirian dalam menghadapi tantangan pasca libur lebaran ini. Yuk ketahui cara atur waktu dan prioritas, guna mempermudah saat bekerja.
Berikut 5 Tips Atur Waktu dan Prioritas yang Dapat Anda Ikuti:
1. Buat Daftar Tugas Terstruktur
Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 5 Alasan Kuat Personal Branding Jadi Senjata Rahasia Cari Kerja
Langkah pertama untuk kembali produktif adalah dengan membuat daftar semua tugas yang perlu Anda selesaikan.
Jangan hanya mengingatnya di kepala! Tuangkan semuanya ke dalam catatan, aplikasi, atau spreadsheet.
Kelompokkan tugas berdasarkan proyek, tenggat waktu, atau tingkat urgensinya.
Baca Juga: Resep Membuat Fruit Sando Viral, Tampilan Mewah dengan Rasa Bintang Lima
2. Identifikasi Tugas Prioritas dengan Matriks Eisenhower
Tidak semua tugas memiliki bobot yang sama. Gunakan Matriks Eisenhower (juga dikenal sebagai Urgent-Important Matrix), untuk memilah tugas berdasarkan urgensi dan kepentingannya.
Fokuskan energi Anda pada tugas yang penting dan mendesak terlebih dahulu.
Tugas yang penting tapi tidak mendesak bisa dijadwalkan, sementara tugas mendesak tapi tidak penting bisa didelegasikan atau dipertimbangkan untuk dihilangkan.
3. Pecah Tugas Besar Menjadi Langkah-Langkah Kecil
Melihat tugas besar yang menumpuk setelah libur panjang bisa membuat Anda merasa kewalahan.