nasional

Promedia Dorong Inovasi Media Digital, MIND ID Mediapreneur Talks Palembang : Ekosistem Digital yang Adil Jadi Sorotan

Rabu, 18 Desember 2024 | 15:36 WIB
(Dari kiri ke kanan) CEO Props Ilona Juwita, CEO Promedia Teknologi Indonesia Agus Sulistriyono, dan Koordinator Bidang Pelatihan dan Program Jurnalisme Berkualitas Komite Publisher Rights Fransiskus

TatarMedia.ID – Event MIND ID Mediapreneur Talks kembali digelar di Hotel Aston, Kota Palembang, Sumatera Selatan, pada Rabu, 18 Desember 2024.

Setelah sukses berlangsung di Semarang pada Oktober lalu, kegiatan ini menjadi ajang diskusi dan berbagi wawasan terbaru tentang bisnis media informasi, yang dihadiri insan pers, content creator, hingga pengusaha media.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Promedia Teknologi Indonesia (PTI) bersama Bank BRI ini menghadirkan tiga pembicara ahli di industri media, yaitu CEO Promedia Agus Sulistriyono, CEO Props Ilona Juwita, dan Koordinator Bidang Pelatihan dan Program Jurnalisme Berkualitas Komite Publisher Rights Fransiskus Surdiasis.

Baca Juga: BRI CoreLab 2024 di UIN Raden Fatah Palembang, Belajar SEO dan Konten Viral Serta Sharing Perjalanan CEO Promedia

Kolaborasi Membangun Media yang Berkualitas

CEO Promedia, Agus Sulistriyono, menegaskan pentingnya membangun media yang berbasis bisnis, bukan sekadar memiliki media tanpa arah yang jelas.

"Diperkirakan ada lebih dari 50 ribu media online di tanah air, tapi mayoritas hanya sekadar ‘punya-punyaan media’. Kita tidak sedang membangun bisnis media," ujarnya.

Promedia hadir dengan konsep economic sharing atau gotong royong, memberikan dukungan teknologi, infrastruktur, pelatihan, strategi, dan monetisasi kepada pemilik media. “Kami ingin membantu insan jurnalis dan pemilik media untuk mengembangkan media online arus utama dengan berkolaborasi,” tambahnya.

Baca Juga: MIND ID Mediapreneur Talks Promedia Palembang 2024, Gubernur Sumsel Terpilih Herman Deru Jadi Salah Satu Keynote Speaker

Konsumsi Media Didominasi Media Sosial

Ilona Juwita, CEO Props, memaparkan data terkini tentang konsumsi media di Indonesia yang didominasi oleh platform media sosial.

“Dengan sekitar 185 juta pengguna internet di Indonesia, atau 66,5 persen dari total penduduk, konsumsi media sosial mendominasi. Meski begitu, sekitar 70 persen pengguna internet masih tertarik pada berita online,” ungkap Ilona.

Ia juga mencatat tren positif pada konsumsi konten streaming dan on-demand, yang terus berkembang di tengah perubahan pola konsumsi media.

Baca Juga: CEO Promedia Desak Kebijakan Ekonomi Pro Rakyat : Stop Impor Beras Sapi dan Daging Beku yang Memukul Petani dan Peternak

Ekosistem Digital yang Lebih Adil

Koordinator Bidang Pelatihan Komite Publisher Rights, Fransiskus Surdiasis, menyoroti pentingnya menciptakan ekosistem digital yang adil bagi pelaku media.

“Ekosistem digital yang adil memungkinkan kapasitas ekonomi media berita berkembang, jurnalisme berkualitas tumbuh, serta menjaga ruang publik dan demokrasi yang sehat,” jelasnya.

Halaman:

Tags

Terkini

5 Perlengkapan Darurat yang Harus Ada di Setiap Rumah

Selasa, 9 Desember 2025 | 06:00 WIB