TatarMedia.ID – Kota Surabaya, Jawa Timur, akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan “Journalism 360: Mediapreneur Talks Jurnalisme Berkualitas dan Berkelanjutan” pada Kamis, 25 September 2025 mendatang.
Kegiatan ini merupakan rangkaian roadshow yang digelar oleh Promedia Teknologi Indonesia (PTI). Surabaya menjadi kota ke-5 dari 6 kota yang dikunjungi setelah sebelumnya sukses berlangsung di Semarang, Palembang, Medan, dan Tangerang.
Acara akan digelar di Hotel Santika Premiere Gubeng, Surabaya, dengan dukungan sponsor dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk.
Baca Juga: Farmhouse Susu Lembang, Surga Foto dan Wisata Edukasi di Bandung
Tiga Topik Utama
CEO Promedia, Agus Sulistriyono, akan memaparkan materi mengenai lanskap serta model bisnis media berkelanjutan. Selain itu, hadir pula CEO Props, Ilona Juwita, yang akan membahas tren iklan digital terkini.
Pembicara lain, Dr. Guntur Syahputra Saragih, Anggota Komite Publisher Right (KTP2JB), akan mengupas pengembangan jurnalisme berkualitas yang relevan dengan tantangan industri media saat ini.
Baca Juga: Kuliah Reguler vs Non-Reguler: Apa Bedanya dan Mana yang Lebih Efektif?
Mengusung Konsep Kolaborasi
Dalam gelaran sebelumnya di Tangerang pada Juli 2025, Agus Sulistriyono menekankan pentingnya kolaborasi dan semangat gotong royong dalam mengelola media.
“Promedia Teknologi Indonesia adalah perusahaan teknologi dan konsultan media. Kami berkolaborasi membangun media online bersama para pemilik media dan jurnalis di Indonesia, dengan mengusung konsep economic sharing atau gotong royong,” jelas Agus.
Menurutnya, Promedia memberikan dukungan berupa teknologi, infrastruktur, strategi, hingga pelatihan dan monetisasi, agar media lokal mampu bertahan dan berkembang.
Agus juga mengingatkan para pengusaha media agar optimistis menghadapi dinamika industri.
“Bisnis informasi tidak akan pernah mati, hanya medium yang silih berganti,” tutupnya.
Ajang Pertemuan Jurnalis dan Pengusaha Media
Mediapreneur Talks terbuka untuk dihadiri para pelaku media, baik jurnalis maupun pengusaha media lokal di Surabaya dan sekitarnya. Melalui forum ini, Promedia ingin membangun jejaring dan memperkuat pemahaman mengenai pentingnya menjalankan bisnis media yang berkelanjutan di era digital.
Roadshow ini akan berakhir di kota terakhir pada tahun 2025, sebagai puncak perjalanan Promedia dalam menggelar seminar bisnis media di berbagai daerah di Indonesia.