Peluang Emas Bagi Pengusaha Usaha Mikro dengan Digitalisasi Transaksi Melalui Senyum Mobile dan UMi

Photo Author
- Jumat, 5 Juli 2024 | 13:35 WIB
Digitalisasi Transaksi menjadi peluang emas bagi para pengusaha ultra mikro kedepan
Digitalisasi Transaksi menjadi peluang emas bagi para pengusaha ultra mikro kedepan

TatarMedia.ID - Era teknologi dan revolusi industri 4.0 melakukan digitalisasi dalam transaksi keuangan yang mendukung usaha terutama para pelaku usaha ultra mikro menjadi peluang emas dalam mengembangkan usaha.

Tidak dapat dipungkiri, penggunaan uang tunai pada segmen ultra mikro pun masih sangat tinggi untuk transaksi sehari-hari.

Meski begitu antusiasme pelaku usaha ultra mikro dalam mencari informasi dan kegiatan finansial mengenai produk perbankan menunjukkan pergerakan positif.

Hal ini tercermin dari data riset internal BRI bahwa sebanyak 51% dari segmen ultra mikro diseluruh usia ingin beralih ke transaksi keuangan melalui aplikasi mobile.

Baca Juga: Kebijakan Baru BRI Terkait Rekening Pasif : Tingkatkan Kualitas Layanan Nasabah

Dalam mendorong perkembangan usaha ultra mikro, Holding Ultra Mikro (UMi) hadir dan berkolaborasi dalam sinergi antara BRI, Pegadaian, dan PNM yang telah mengambil langkah strategis dan berkomitmen untuk meningkatkan layanan digitalisasi transaksi keuangan melalui integrasi tools pemasaran antara BRISPOT (BRI), Selena (Pegadaian) dan PKM Digi (PNM) dalam sebuah aplikasi SenyuM Mobile.

SenyuM Mobile merupakan perpanjangan tangan dari Sentra Layanan Ultra Mikro (SenyuM) dalam integrasi digitalisasi dengan akses hanya dalam genggaman saja dapat menjangkau luas pengusaha mulai dari segmen ultra mikro ke seluruh lapisan masyarakat.

SenyuM Mobile menjadi bentuk integrasi layanan dari BRI, Pegadaian, dan PNM. Hal ini menjadi contoh nyata dari upaya BRI dalam mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Aplikasi ini mengubah cara pengusaha ultra mikro berinteraksi dengan layanan keuangan, membuka peluang bagi mereka untuk berkembang dan naik kelas.

Terkait dengan hal tersebut, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengungkapkan bahwa peranan krusial SenyuM Mobile dalam memajukan inklusi keuangan serta meningkatkan taraf hidup bagi segmen ultra mikro.

Baca Juga: Waspada QRIS Palsu Ini Tips Jaga Keamanan Transaksi Lewat BRIMerchant

"Aplikasi ini memudahkan segmen ultra mikro untuk mendapatkan akses langsung ke layanan keuangan formal dari tiga entitas, khususnya untuk produk tabungan dan investasi, dimanapun dan kapanpun sambil menjalankan usaha," imbuhnya.

Supari menambahkan layanan digitalisasi Holding UMi melalui SenyuM Mobile bukan hanya sekedar perubahan cara kerja dari manual menjadi digital, tetapi juga merupakan upaya dalam meningkatkan efisiensi, memperluas jangkauan layanan, serta meningkatkan inklusi keuangan khususnya bagi pengusaha ultra mikro.

"Dengan adanya SenyuM Mobile, Holding UMi menyediakan layanan yang lebih cepat, mudah, dan aman bagi para pengusaha ultra mikro yang seringkali menghadapi kendala dalam mengakses layanan keuangan formal," jelas Supari.

Sementara itu, Senior Executive Vice President (SEVP) Ultra Mikro BRI M. Candra Utama menekankan pentingnya sinergi, kolaborasi dan kerjasama untuk memajukan UMKM.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Editor: Aldi K

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

5 Perlengkapan Darurat yang Harus Ada di Setiap Rumah

Selasa, 9 Desember 2025 | 06:00 WIB
X