TatarMedia.ID - Jakarta, MINIMIZU merupakan salah satu UMKM binaan dari Rumah BUMN Bank BRI.
Salah satu Usaha Mikro Kecil dan Menengah MINIMIZU ikut berpartisipasi dalam menampilkan keunikan produknya di Kriyanusa, pameran kerajinan dan seni kriya yang dihelat paga 28 Agustus – 1 September 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).
Brand di bidang seni kreatif yang berasal dari Ciputat Tangerang Selatan ini digagas oleh pasangan suami istri Bernama Agri dan Irna. Saat diwawancarai pada pameran, Irna menjelaskan bahwa MINIMIZU didirikan sejak 2020 yang bermula dari hobi sang suami.
"MINIMIZU sendiri produknya spesifik ke natural decoration atau home dekor yang semuanya serba natural,” ujarnya.
Terdapat beberapa macam produk, seperti aquascape, paludarium, terrarium, dan moss art. UMKM ini memproduksi produk unik yang menyediakan berbagai macam bentuk model dan design sesuai permintaan konsumen.
Dijual secara offline dan online, MINIMIZU memiliki sistem pre-order, yang dikerjakan selama 5 hari hingga empat minggu tergantung volume dan tingkat kerumitan produk.
Pasangan suami istri ini juga memberdayakan sebanyak empat karyawan di rumahnya untuk membantu proses produksi.
Adapun produk yang paling unik, yakni paludarium yang merupakan gabungan antara air dengan darat, menampilkan hiasan setengah air dan di atasnya terdapat tanaman darat.
Baca Juga: Tandatangani Perjanjian Kerja Bersama 2024-2026, BRI dan Serikat Pekerja Perkuat Hubungan Industrial
Irna pun bercerita, awal mula usahanya bergabung dengan Rumah BUMN BRI yakni melalui program inkubator bisnis bernama BRInkubator.
Program ini merupakan pengembangan bagi pelaku UMKM yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas usaha. MINIMIZU mendaftar dan mengikuti programnya pada tahun lalu, hingga berhasil menjuarai di Peringkat 1 di BRInkubator.
Ia melanjutkan, selama masa inkubasi yang memakan waktu satu bulan, UMKM diberikan pelatihan-pelatihan dan serangkaian test. Sejak saat itu, MINIMIZU mulai dikenal luas di pasaran karena BRI turut aktif mempromosikan produknya. Omzet yang dihasilkan pun mencapai puluhan juta dalam satu bulan.
“Dengan bergabung di Rumah BUMN BRI, produk kami jadi lebih banyak dikenal oleh masyarakat sekitar. Beberapa instansi juga mengontak apabila mereka membutuhkan dekorasi di kantor atau keperluan suvernir,” tambahnya. Tak hanya itu, MINIMIZU juga telah berhasil ekspor ke Jepang dan Italia.
Artikel Terkait
Tiket Pertandingan BRI Liga 1 Kini Bisa Dibeli Melalui Super Apps BRImo
Bersama Diaspora di Seoul BRI Rayakan HUT RI Ke-79 dan Perkuat Jaringan di Korea Selatan
Public Expose Live 2024: Kinerja Positif & Strategi BRI Tumbuh Sehat Berkelanjutan
BRI dan UI Kembangkan Community Branch, UI-BRIWORK Startup Center Siap Lahirkan Pengusaha Muda Sukses
Dukung Pameran Kriyanusa 2024, BRI Dorong UMKM Kerajinan dan Seni Kriya Naik Kelas
Berikan Layanan Prima kepada Nasabah Prioritas, BRI Raih Predikat Diamond di Ajang Service Quality Awards 2024
Miliki Modal Kuat, Laba BRI Layak Dibagi Dalam Bentuk Dividen
Musim Kompetisi BRI Liga 1 2024-2025 Omzet UMKM Meningkat Dua Kali Lipat
Tandatangani Perjanjian Kerja Bersama 2024-2026, BRI dan Serikat Pekerja Perkuat Hubungan Industrial
Rayakan Hari Pelanggan Nasional 2024, BRI Optimalkan Artificial Intelligence Untuk Pelayanan Yang Responsif dan Personal