TatarMedia.ID – Pertumbuhan ekonomi Indonesia ditopang oleh pilar penting yaitu pada Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
Sektor UMKM ini menjadi pilar penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia mengingat UMKM memiliki kontribusi sebesar 60% dari Produk Domestik Bruto (PDB) nasional dan menyerap 97% dari tenaga kerja di Indonesia.
Oleh karena itu, sebagai tulang punggung perekonomian nasional maka sektor UMKM perlu untuk terus diberdayakan serta didorong untuk terus tumbuh serta semakin tangguh.
Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan bahwa perseroan telah memiliki strategi dalam memberdayakan UMKM sehingga layak dilirik oleh perbankan dan mendapatkan pembiayaan.
Baca Juga: BRI Borong 22 Penghargaan The Best Contact Centre Indonesia, Terbaik dari Seluruh Bank BUMN
"Sesungguhnya UMKM kita itu lebih membutuhkan edukasi daripada advokasi. Kenapa demikian? Kalau advokasi sebenarnya menempatkan UMKM di bawah. Di bawah bank, di bawah lembaga pembiayaan. Kalau diedukasi sebenarnya menempatkan UMKM sejajar dengan bank sebagai mitra," ujar Sunarso.
Menurut Sunarso terdapat lima hal yang perlu diedukasi kepada UMKM.
Pertama, tentang spirit atau semangat kewirausahaan. “Itu yang harus kita educate kepada UMKM. Karena pelaku UMKM sangat banyak sehingga masih beragam level-nya,” ujar Sunarso.
Kedua yaitu tentang kemampuan mereka melakukan administrasi dan manajerial. Menurut Sunarso ini merupakan pekerjaan rumah yang penting. Sebab kedua hal tersebut masih merupakan area yang sangat luas untuk dikerjakan.
Ketiga, tentang aksesibilitas UMKM terhadap informasi, pasar, teknologi dan pendanaan. “Itu juga penting,” ujarnya. Keempat, Sunarso mengatakan UMKM juga harus diedukasi soal keberlanjutan. Baik itu tentang keberlanjutan bisnis terlebih juga keberlanjutan lingkungan.
Baca Juga: Petani Kelengkeng Tuban Makin Maju dan Perluasan Usahanya Berkat Didukung BRI
Terakhir, Sunarso menekankan pentingnya edukasi soal prinsip Good Corporate Governance kepada UMKM. “Kita perlu educate UMKM untuk menjalankan bisnis dengan prinsip-prinsip GCG dengan baik. Itulah yang akan menjadikan UMKM bertumbuh dan berkembang berkelanjutan,” tandasnya.
Dalam kaitannya penyaluran kredit terhadap segmen UMKM, hingga akhir Juni 2024 BRI berhasil menyalurkan kredit kepada segmen UMKM senilai Rp 1.095,64 triliun atau setara 81,69% dari total penyaluran kredit BRI.
“Salah satu bentuk komitmen BRI dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional, yakni dengan tetap mendorong penciptaan lapangan pekerjaan, khususnya pada segmen UMKM, melalui penyaluran kredit yang berkualitas serta program-program pemberdayaan lainnya,” pungkas Sunarso.
Artikel Terkait
12 Pemain BRI Liga 1 Diperkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia
Lestarikan Warisan Budaya Nusantara, BRI Dukung Event Jelajah Kuliner Indonesia 2024
Berawal Dari Masjid Hingga ke Mancanegara : Kisah Sukses UMKM Bambu di Bandung Berkat Dukungan BRI
BRI Creator Fest 2024, Ajang Kreatif Berhadiah Rp600 Juta untuk Anak Muda Indonesia dan Industri Kreatif
Telur Asin Abinisa Alami Transformasi Usaha Lokal Menjadi UMKM Nasional dan Capai Omset Ratusan Juta dengan Dukungan BRI
Klaster Jeruk Semboro dengan Klasterku Hidupkan Menjadi Pertanian Berkelanjutan Bersama BRI
Pencapaian Tiga Tahun Holding Ultra Mikro BRI Group Layani 176 juta Nasabah Simpanan dan 36,1 Juta Debitur
Inilah Beberapa Program BRI untuk Mendukung Net Zero Emission di 2050
Petani Kelengkeng Tuban Makin Maju dan Perluasan Usahanya Berkat Didukung BRI
BRI Borong 22 Penghargaan The Best Contact Centre Indonesia, Terbaik dari Seluruh Bank BUMN