TatarMedia.ID – Berawal dari ide memanfaatkan kearifan lokal, Ni Made Suryani yang juga merupakan Ketua Kelompok Pisang Sale Mades, mengolah pisang menjadi ragam produk cemilan.
Produk yang dihasilkan memiliki tiga varian utama, yakni keripik pisang sale, keripik ubi talas, dan keripik singkong.
Klaster ini merupakan salah satu kelompok UMKM binaan BRI dalam program Klasterku Hidupku yang bergerak di industri pengolahan hasil pertanian khususnya buah pisang.
Baca Juga: Berlimpah Hadiah BRImo FSTVL Bagi Pengguna Setia Super Apps BRImo
Ni Made bercerita, awalnya pada tahun 2015 dirinya punya ide mengolah buah pisang yang banyak ditemukan di sekitar tempat tinggalnya di daerah Kabupaten Parigi, Sulawesi Tengah.
"Buah pisang waktu itu terkesan kurang dimanfaatkan oleh masyarakat setempat, bahkan seperti hanya dibuang-buang saja. Jika tidak habis dikonsumsi, maka dibiarkan saja di matang di pohon lalu menjadi makanan burung-burung. Di samping itu, jika pasokannya melimpah, maka buah pisang tersebut hanya dipotong-potong dijadikan makanan ternak masyarakat," ungkap Ni Made.
Dengan kondisi itu, Ni Made bersama beberapa warga lainnya mengobservasi untuk memanfaatkan pengolahan pisang agar lebih menambah nilai guna.
Baca Juga: Tiket Pertandingan BRI Liga 1 Kini Bisa Dibeli Melalui Super Apps BRImo
"Setelah percobaan mengolahnya menjadi kue, keripik, kemudian saya dan warga lain juga mencoba mengolah pisangnya menjadi pisang sale," kilasnya.
Dengan upaya Ni Made maka lahirnya produk Pisang Sale Mades yang memiliki keunikan, yakni rasa manis yang didapat dari hasil fermentasi pisang dan madunya sehingga terasa enak, gurih, dan lembut.
Dengan omzet yang mencapai puluhan juta per bulan, produk dari Klaster Pisang Sale Mades tidak hanya dikenal di tingkat lokal, tetapi juga telah berhasil menembus pasar berbagai kota di Indonesia.
Keberhasilan tidak terlepas dari upaya kelompok dalam menjaga kualitas produk dan inovasi yang terus dilakukan. Selain itu, produk-produk mereka sering tampil dalam pameran-pameran, baik di tingkat regional maupun nasional.
Partisipasi dalam pameran-pameran tersebut memberikan kesempatan bagi kelompok untuk memperluas jaringan pemasaran dan memperkenalkan produk mereka kepada khalayak yang lebih luas.
Artikel Terkait
BRImo Aplikasi Mobile Banking terpopuler di Indonesia Dengan 34,6 juta Pengguna Transaksi 2.120 Triliun, Most Innovative Tech dari Finance Asia
Tiket Pertandingan BRI Liga 1 Kini Bisa Dibeli Melalui Super Apps BRImo
Bisa Melalui AgenBRILink! Reservasi Tiket Kapal Laut Semakin Memudahkan Masyarakat Berkat Sinergi BRI dan PELNI
Berlimpah Hadiah BRImo FSTVL Bagi Pengguna Setia Super Apps BRImo
Viral! Pembalap MotoGP Quartararo Berikan Uang Pada Anak Kecil Saat Saat Tarik Uang di ATM BRI