TatarMedia.ID – Cita rasa autentik pesisir salah satunya Ikan Asap menjadi daya tarik yang berhasil dikembangkan menjadi usaha dengan pasar Internasional.
Salah satunya yang dijalani oleh Ebi Sulastri, merupakan pelaku UMKM dari komunitas pengusaha Ikan Asap dari Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.
Didirikan sejak 1999, usaha ikan asapnya kini dikenal luas, bahkan hingga ke mancanegara. Ebi mengenang awal usahanya yang penuh tantangan bersama komunitas ikan asap lainnya, terutama dalam hal pengenalan produk.
Pada mulanya, ia dan komunitas ikan asap lainnya mengandalkan pemasaran dari mulut ke mulut, melalui keluarga dan kerabat. Namun, dengan perkembangan teknologi dan kemajuan dunia modern, ia mulai memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran yang efektif. Berkat inovasi ini, produknya semakin dikenal luas dan diminati.
Proses pengasapan tradisional yang diwariskan turun-temurun, menjadikan ikan ini bukan hanya sekadar makanan, tetapi juga warisan budaya yang sarat makna.
Menurut Ebi, keunggulan produk ikan asap milikinya dan komunitas ikan asap lainnya adalah selalu menekankan kualitas dan kuantitas produknya, dengan memastikan bahan baku yang digunakan selalu segar, langsung diambil dari nelayan, bukan dari pelelangan. Selain itu, proses pengasapan ikan yang memakan waktu kurang lebih 3 jam juga menjadi salah satu kunci kualitas produknya.
“Momen yang paling menantang itu pada saat banyaknya orderan, terus proses pengiriman, itu juga yang menjadi kendala karena produk kami ini kan rentan sekali, yang namanya ikan ya pasti rentan. Jadi itu salah satu strategi kami bagaimana cara bekerjasama dengan pihak pengiriman, dengan dinas perikanan juga,” katanya.
Baca Juga: BRI dan Pos Indonesia Kolaborasi Luncurkan Fitur Kirim Barang di BRImo Melalui PosAja!
Menjadi nasabah BRI sejak tahun 2009, Ebi bersama komunitas ikan asap Bulukumba merasakan banyak manfaat dari pemberdayaan yang dilakukan BRI. BRI telah menjadi mitra yang penting dalam mendukung komunitas ikan asap Bulukumba, terutama dalam hal penyediaan modal usaha.
Menurutnya, BRI selalu memberikan kemudahan mendapatkan modal usaha dan pelatihan untuk komunitas UMKM ikan asap Bulukumba, tanpa dipersulit. Hal ini sangat membantu dalam mengembangkan usahanya dan menjaga kualitas produk.
“Saat kita sudah menjadi mitra, tidak ada lagi istilah dipersulit. Semua dipermudah, terutama dalam peminjaman modal usaha," ungkap Ibu Ebi dengan penuh rasa syukur. Tidak hanya itu, BRI juga memberikan pelatihan yang membantu Ibu Ebi dalam memasarkan produknya di era digital. Dengan bimbingan BRI, ia mulai memanfaatkan media sosial bersama dengan komunitas ikan asap Bulukumba sebagai alat pemasaran utama, menjadikan produknya lebih dikenal hingga ke luar negeri.
Baca Juga: Prosesi Ngaseuk di Kampung Adat Kasepuhan Cipta Mulya Sukabumi
Ebi berharap kemitraannya dengan BRI akan terus berlanjut dan semakin memperkuat usahanya. Dengan dukungan yang terus diberikan oleh BRI, ia optimis usahanya akan terus berkembang dan semakin dikenal, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di pasar internasional.
Artikel Terkait
BRI Raih 3 Penghargaan Bergengsi Top BUMN Awards 2024, Direktur Utama BRI Sunarso Raih Best CEO
Direktur Utama BRI : Strategi Ketahanan Pangan Agar Indonesia Keluar dari Middle Income Trap 2041
Tumbuhkan Sektor Usaha Kecil dan Menengah, Program Pemberdayaan Pengusaha Muda BRILiaN 2024 Kembali BRI Gelar
Pengusaha yang Sukses Kembangkan Usaha dari Potensi Jambu Citra Melalui Pemberdayaan BRI
Human Capital BRI Dapat Penghargaan Indonesia Distinguished Human Capital Leader Awards 2024
Kolaborasi BRI dan IPB University Resmikan Balai Rakyat Indonesia Perkuat Program Pemberdayaan Masyarakat
Program BRI Peduli Ini Sekolahku Dorong Kualitas Pendidikan dan SDM Unggul Masyarakat Riau
Dirut BRI Sunarso Dinobatkan Sebagai CEO of The Year, BRI Raih 2 Penghargaan Bergengsi Detikcom Awards 2024
BRI dan Pos Indonesia Kolaborasi Luncurkan Fitur Kirim Barang di BRImo Melalui PosAja!
BRI Kolaborasi dengan BPJS Kesehatan Solusi Pembiayaan dan Tingkatkan Kualitas Layanan Kesehatan JKN dan KIS